Belajar Lagi dari Jepang

Dan saya belajar lagi dari sepak bola, bahwa perjuangan detik ke detik, menit ke menit itu bisa membuahkan hasil yang manis. Tidak menyerah, yang penting melakukan yang terbaik setiap saatnya. Mungkin hasilnya bisa seperti yang diinginkan, bisa juga tidak. Namun, itu masalah lain, yang penting adalah terus berusaha. Dan saya belajar dari perempuan yang bermain bola. Kecepatan lari mereka sama seperti laki-laki berlari. Tendangan mereka sama kuatnya. Tangkapan mereka sama akuratnya. Namun, kerapian dan ketenangan mereka layak diacungi jempol. Rapi, tenang, tak banyak tingkah, itu mereka. Dan saya belajar dari orang Jepang yang bermain bola. Mental Jepang yang sudah terkenal tak kenal menyerah selalu membuat kagum. Dan saya terutama belajar dari perempuan Jepang yang bermain bola. Postur boleh kalah tinggi dan besar dari pemain-pemarin Eropa, Amerika dan Afrika, lari boleh kalah cepat, tapi tendangan mereka tetap kuat dan tangkapan mereka tetap akurat, terutama lagi: semangat mereka bisa saya bilang: gila! Mental mereka kuat, tak lelah saat gawang mereka diserang bertubi-tubi, tak habis saat pemain lawan sudah di atas angin. Keadaan pun berbalik. Usaha keras membuahkan hasil. Ketenangan membawa bukti. Mainkan saja. Konsentrasi saja. Keberuntungan pun berpihak pada mereka yang berusaha kuat dan bertahan dari serangan. Pada mereka yang tekun dan sabar.

Saya belajar lagi dari sepakbola, dari perempuan yang bermain bola, dari orang Jepang, dan dari perempuan Jepang yang bermain bola. Mereka yang masih bisa bersikap tenang tanpa eforia berlebihan saat kemenangan besar mereka genggam. Tak mengecilkan yang kalah. Kalah atau menang, pada akhirnya itu „cuma“ hasil akhir, yang „hanya“ terlihat dari warna medali dan digenggamnya piala. Sejatinya, kalah dan menang ada pada diri dan kebesaran hati.

*Salut pada dua tim hebat: Jepang dan Amerika yang sudah memberikan permainan yang luar biasa. Dua-duanya tim yang hebat. Aber am Ende, man braucht auch Glück, statt nur klug zu sein. Gratuliere Japan, die erste Weltmeisterin aus Asien!

Advertisements

Kommentar verfassen

Trage deine Daten unten ein oder klicke ein Icon um dich einzuloggen:

WordPress.com-Logo

Du kommentierst mit Deinem WordPress.com-Konto. Abmelden / Ändern )

Twitter-Bild

Du kommentierst mit Deinem Twitter-Konto. Abmelden / Ändern )

Facebook-Foto

Du kommentierst mit Deinem Facebook-Konto. Abmelden / Ändern )

Google+ Foto

Du kommentierst mit Deinem Google+-Konto. Abmelden / Ändern )

Verbinde mit %s