Februari

Apa yang didapat ketika angka usia bertambah? Yang jelas tubuh sudah mulai protes dan itu tidak bisa dibohongi lagi. Yang jelas sudah waktunya untuk memberikan hak yang semestinya didapat oleh sang tubuh: diet ketat. Sel-sel darah, lambung, dan liver sudah minta diperhatikan lebih. Yang jelas, sudah hampir satu tahun ini saya berhenti minum teh dan kopi (diganti dengan air putih dan jus buah serta jus sayuran), sekarang ditambah lagi dengan mengurangi lemak dan nasi. Halah, badan kurus begini? Hehe, tidak menjamin kelebihan lemak dan kadar kolesterol yang sudah harus mulai diwaspadai. Yang jelas budaya duduk sudah harus dikurangi. Dilematis. Saya memang salah seorang yang tidak suka berebut kursi untuk duduk, tapi saya senang duduk berjam-jam di depan internet (hubungannya?! Hehe). Yang jelas insomnia tidak bisa dijadikan alasan untuk tidur larut lagi. Jadi, tidur dan bangun lebih cepat dari biasanya. Yang jelas olahraga harus mulai digiatkan lagi (dengan senang hati). Yang jelas, jauhkan pikiran-pikiran negatif ganti dengan pikiran yang lebih positif (kurangi protes, hehe). Yang jelas banyak yang harus disyukuri ketika angka usia bertambah. Oh ya, saya sudah membuat tiga janji: jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Jangka pendek dan jangka menengahnya sudah ditepati, tinggal diganti yang baru. Jangka panjangnya? Hehe, sedang dan selalu diusahakan. Yang jelas, saya bersyukur. Amat sangat. Atas semuanya.