Basi

Berhasil = uang? Pertanyaan basi sebetulnya. Tentu saja jawabnya tidak. Atau mungkin memang ya. Berhasil = uang. Untuk saya jawabnya kadang-kadang ya, kadang-kadang tidak. Tergantung situasi. Kalau saya sedang butuh uang dan berhasil mendapatkannya, maka jadi ya. Jika tidak –terlalu- butuh (dan itu bohong juga), maka jawabannya bisa tidak.

Jadi apa arti keberhasilan untuk saya? Seringnya bermakna lebih kepada sesuatu yang membuat saya senang dan bahagia. Dan lagi-lagi jawabnya tidak hanya uang. Dan seringnya justru bukan uang. Bohong juga kalau saya bilang saya tidak senang dapat uang. Namun, rasanya berbeda dengan saat melihat pupil mata mahasiswa-mahasiswa saya membesar, senyum mengembang di wajah mereka karena mengerti apa yang saya terangkan (ini keberhasilan besar, karena sering juga mereka mengerutkan kening), atau saat saya menerima kabar bahwa mahasiswa-mahasiswa lulus ujian atau mendapat beasiswa atau mendapat pekerjaan atau apapun. Atau bahkan saat mahasiswa saya membuat ”konferensi pers” dengan saya dan teman-temannya, memberitahukan bahwa dia akan menikah dengan teman sekelasnya yang menjadi murid saya juga (yang ini lucu sekali, saya tiba-tiba jadi merasa tua dan ibu-ibu banget, karena orang tuanya pun bahkan belum dia beritahu). Ya, hal-hal kecil semacam itu.

Bagaimana dengan –katakanlah- jika saya lulus ujian, atau mendapat tambahan ”gelar” (duh), atau tambahan pekerjaan atau berhasil menyelesaikan makalah atau terjemahan (ini keberhasilan juga, karena saya bukan orang yang tekun menulis)? Keberhasilan yang membuat saya senang, walaupun rasanya tidak meledak-ledak seperti rasa jika melihat mahasiswa-mahasiswa saya berhasil.

Lalu? Keberhasilan untuk saya adalah jika saya berhasil membuat orang lain senang dan berhasil. Basi sekali ya?! Ya, disesuaikan dengan judulnya yang basi. Jadi saya menuliskan ini pun hanya basa-basi.

4 Gedanken zu „Basi

  1. atau tambahan pekerjaan atau berhasil menyelesaikan makalah atau terjemahan (ini keberhasilan juga, karena saya bukan orang yang tekun menulis)?—-> oooooh pasti! Keliatan dari arsip tulisannya yang ‚dikit‘ bang ged, hue he he

    Tapi pernah gak teh, ditanya begini : siapa di angkatanmu yang sudah sukses?, hue he he, pertanyaan yang malas saya jawab, karena saya sudah suudzon dengan kandungan ukuran kesuksesan pertanyaan ini.

Kommentar verfassen

