One World 05: 7th Annual Human Rights Documentary Film Festival

Kedatangan saya ke One World 05: 7th Annual Human Rights Documentary Film Festival di Praha, yang tahun ini diselenggarakan dari tanggal 27 April s.d. 5 Mei 2005, termungkinkan atas undangan salah seorang sahabat saya, Michaela Klĕcková. Kebetulan kami memiliki ketertarikan yang sama terhadap film. Sejak dia menjadi mahasiswa di Jurusan Ilmu Media dan Komunikasi Universitas Praha, dia sudah bekerja di festival tahunan tersebut. Di awal-awal pertemanan kami dua tahun lalu, saya memang sudah berniat mengunjungi festival tersebut, dan sejak awal Michaela pun sudah mengundang saya ke sana. Tahun lalu keinginan tersebut belum bisa terwujud, karena kesibukan kuliah saya di Universitas Bayreuth Jerman. Tahun ini dia menjadi humas dan editor di festival tahunan tersebut, kesibukan saya pun sudah berkurang. Waktunya memang tepat.

Undangan resmi dari pihak penyelenggara festival memudahkan saya mengurus visa ke Republik Ceko. Tidak hanya itu, ternyata saya tidak terduga menjadi tamu undangan resmi lengkap dengan segala fasilitasnya. Tentu saja yang paling penting bagi saya adalah kesempatan untuk menyaksikan film-film yang ditampilkan di festival film tersebut. Namun, undangan menghadiri acara pembukaan festival tidak bisa saya penuhi, karena beberapa hal yang masih harus saya selesaikan di Bayreuth. Saya baru bisa berangkat ke Praha pada tanggal 1 Mei, beberapa hari setelah festival dimulai.

Festival Film Dokumenter One World -dalam bahasa Ceko Jedensvět- dikelola oleh komunitas independen nonpemerintah People in Need. Komunitas anak muda yang ingin berbuat sesuatu untuk kemanusiaan lepas dari sisi politik. Mereka tidak hanya bergerak di bidang seni saja, tetapi terjun langsung ke masalah-masalah humanitarian. Komunitas-komunitas independen anak muda ini banyak tumbuh di Ceko dan mendapat dukungan besar dari Presidennya, Václav Havel, yang juga seorang penulis dan sangat peduli pada kegiatan kaum muda Ceko. Dukungan ini terbukti dengan maraknya festival seni dan film di Ceko. Dalam kurun waktu yang hampir berdekatan, ada beberapa festival film yang diselenggarakan di berbagai kota.

Seiring perkembangannya, festival ini pun sudah merupakan bagian dari rangkaian berbagai festival film dokumenter di Eropa khususnya. Kegiatannya pun tidak hanya berkisar pada pemutaran film, kompetisi dan penganugerahan berbagai penghargaan untuk bermacam kategori, namun juga memberikan kesempatan kepada para peminat film pemula untuk berkreasi membuat film, melakukan pelatihan termasuk tour ke sekolah-sekolah. Selain itu, diadakan pula acara diskusi dan pameran.

Kegiatan ini mengingatkan saya pada kegiatan yang juga sudah dilakukan di Indonesia, khususnya di Jakarta dan Bandung. JIFFest dan JIFFest Travelling serta In-Docs merupakan salah satu contohnya. Indonesia memang punya tenaga-tenaga kreatif pembuat film dan mereka pun potensial untuk melakukan hal yang sama, bahkan mungkin lebih.

Tahun ini One World menampilkan 120 film dan video dari seluruh dunia. Ke-120 film dan video ini merupakan hasil seleksi dari 850 film dan video yang masuk. Seleksi dilakukan oleh tim seleksi yang terdiri atas undangan festival, wakil dari organisasi-organisasi nonpemerintah, wartawan, akademisi dan para pakar dari berbagai tema dan kategori yang dikompetisikan.

Tema dan kategori yang dikompetisikan dan ditampilkan tahun ini adalah: The Main Competition untuk kategori film dokumenter panjang; The Short Forms untuk kategori film dokumenter dan animasi pendek berdurasi sampai maksimal 35 menit; Right to Know- Category  yang menampilkan film dokumenter berupa laporan atau investigasi tentang situasi terkini, hak asasi manusia, isu-isu global, cerita “di balik layar”,dan terutama hal-hal yang tidak dapat disaksikan di layar televisi; Homo Homini Award yang diberikan kepada mereka yang secara signifikan bergerak dan berjuang untuk hak asasi manusia, demokrasi, resolusi antikekerasan dalam konflik-konflik politik; selain itu ada pula kompetisi untuk film pilihan penonton yang memperebutkan penghargaan dari sponsor utama, yaitu Pizeňsky Prazdroj Award.

Untuk program nonkompetisi, ditampilkan film-film dengan tema: In a Woman’s Voice; Film and Women (retrospective); About Love (film-film dokumenter dari negara-negara baru anggota Uni Eropa); Generation Next; Docs for Kids; Right to Tradition; Choice of Les Film d´Ici; HIV/AIDS: Global Challenge; North Korean: Ever Lasting?; Fragments of Bosnia; Made in China; African Shadows; Iraq in the Spotlight; dan Jury member films, yaitu film-film pilihan juri festival, berikut film yang dibuat oleh para juri tersebut.

Film-film kompetisi dan nonkompetisi serta diskusi digelar untuk umum dan mengambil tempat di beberapa bioskop dan teater di kota Praha, yaitu di Minor cinema, Světozor cinema, Lucerna, City Library, cinema Mat dan cinema Ponrepo. Harga tiket untuk satu film adalah 60 Kron, atau sekitar 2 € (kurang lebih Rp. 22.000). Selain itu, panitia penyelenggara menyediakan videothek yang berisi koleksi film-film dari awal dilaksanakannya festival ini, sampai film-film terbaru yang diputar tahun ini. Keberadaan videothek ini membantu sekali bagi mereka yang tidak sempat menyaksikan film-film sesuai jadwal pemutaran. Namun begitu, videothek ini hanya diperuntukkan bagi mereka yang menjadi undangan festival, terutama untuk wartawan dan juri.  Kebetulan sekali saya bisa mendapatkan akses ke videothek ini, sehingga saya bisa menyaksikan film-film yang menarik perhatian saya, tetapi tidak sempat saya lihat di teater.

Informasi selengkapnya tentang festival ini, bisa dilihat di www.oneworld.cz

Resensi tentang film-film yang saya lihat dalam festival tersebut bisa dilihat di http://dianekawati.multiply.com/reviews

Advertisements

Kommentar verfassen

Trage deine Daten unten ein oder klicke ein Icon um dich einzuloggen:

WordPress.com-Logo

Du kommentierst mit Deinem WordPress.com-Konto. Abmelden / Ändern )

Twitter-Bild

Du kommentierst mit Deinem Twitter-Konto. Abmelden / Ändern )

Facebook-Foto

Du kommentierst mit Deinem Facebook-Konto. Abmelden / Ändern )

Google+ Foto

Du kommentierst mit Deinem Google+-Konto. Abmelden / Ändern )

Verbinde mit %s