Franz Kafka: Pulang

heimkehr

Aku pulang. Kulewati koridor dan kuberbalik memandangi semua. Halaman rumah ayahku. Genangan air di tengah halaman itu. Perkakas tua tak terpakai, bergeletakan membentuk jalan menuju tangga. Kucing bermalas-malasan di teras. Kain yang dirobek terikat di tiang, berkibar ditiup angin. Aku datang. Siapa yang akan menyambutku? Siapa yang menunggu di belakang pintu dapur? Asap keluar dari cerobong, kopi untuk makan malam sedang dimasak. Tidakkah aneh untukmu, apakah kau merasa ada di rumah? Aku tidak tahu, aku sangat tidak yakin. Itu memang rumah ayahku, tapi bagian demi bagiannya terasa dingin, seakan masing-masing sibuk dengan kegiatannya sendiri, yang sebagian kulupakan, sebagian lagi tidak pernah kukenal. Apa yang bisa kulakukan untuk mereka, apa arti diriku untuk mereka, dan apakah aku memang anak ayahku, anak seorang petani tua itu? Dan aku tak bergerak mengetuk pintu dapur, hanya dari jauh aku patuh, hanya dari jauhlah aku berdiri patuh. Tidak begitu tepatnya, aku mungkin terkejut karena menjadi orang yang patuh. Dan karena aku patuh dari tempat yang jauh, aku sebenarnya tidak mematuhi apapun. Aku hanya mendengar suara halus jam berdetik, atau aku hanya menduga mendengarnya, muncul dari hari-hari masa kecil. Apa lagi yang terjadi di dapur, itu adalah rahasia orang-orang yang duduk di sana, rahasia yang mereka simpan dariku. Semakin lama orang berdiri ragu di depan pintu, semakin merasa asinglah dia. Apa yang akan terjadi jika sekarang seseorang membuka pintu dan bertanya sesuatu padaku. Tidakkah aku sendiri pun akan seperti dia, dia yang ingin menyimpan rahasianya.

Bayreuth, 23.11.03

12:31

Diterjemahkan dari karya asli "Heimkehr" (Franz Kafka)

Kommentar verfassen

